Senin, 03 Juni 2013 | By: Champ's Zone

Liputan6.com, Membuka Cakrawala Dunia Dalam Sekali Klik


     Di era modern seperti sekarang ini, kebutuhan akan informasi atau berita terkini menjadi sangat penting. Setiap orang dituntut untuk selalu up to date terhadap setiap informasi yang ada. Jika tidak, kita pasti akan sangat tertinggal dalam informasi. Saya pribadi termasuk orang yang cukup update dengan perkembangan berita terbaru baik dalam maupun luar negeri. Hampir di sela-sela aktivitas setiap hari, saya selalu menyempatkan diri untuk memperbarui wawasan dengan mengakses info berita hari ini.

     Namun apa daya, terkadang aktivitas sehari-hari yang begitu padat membuat kita tak sempat untuk membaca koran maupun menonton televisi. Untungnya di jaman serba modern dan canggih ini kita bisa dengan mudah mendapatkan segala yang kita butuhkan dengan cepat dan praktis melalui internet, termasuk juga untuk mendapatkan berita. Kita bisa dengan mudah mengakses situs berita hanya dengan sekali klik di mana pun dan kapan pun kita mau. 


     Sejalan dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, manfaat penggunaan media online sebagai penyampai berita dan informasi disadari penting oleh salah satu portal berita dan entertaintment terpopuler di Indonesia yaitu Liputan6.com. Setelah sukses dengan program berita televisi Liputan 6 yang disiarkan di SCTV, pada tanggal 24 Agustus 2000 yang juga bertepatan dengan ulang tahun SCTV ke-10, PT Surya Citra Media,Tbk. meluncurkan sebuah portal berita online yang menyajikan berbagai jenis informasi dalam kanal Berita, Sport, Bola, Gaya Hidup, Kesehatan, Tekno, Otomotif, Buser, Musik, serta Showbiz yang tersaji lengkap dalam bentuk news teks, liputan foto dan video yang diberi nama sama dengan program berita televisinya yaitu Liputan 6. Saya berpendapat bahwa pemilihan nama yang sama ini sejalan dengan konsistensi Liputan 6 untuk selalu menyajikan berita yang sesuai dengan slogannya dari awal yaitu “Aktual, Tajam, dan Terpercaya”.

     Sebagai salah satu portal berita ternama di Indonesia, segala kebutuhan akan berita dan informasi tersaji lengkap di situs ini, sehingga kita bisa bebas memilih untuk mengakses berita sesuai dengan keinginan kita masing-masing. Salah satu yang merupakan keunggulan yang dimiliki oleh Liputan6.com yaitu menyediakan ruang bagi publik yang tertarik pada dunia jurnalistik untuk turut andil dalam pewartaan berita berupa politik, ekonomi, kuliner, hobi, kesehatan, komunitas, dan lainnya melalui Citizen6.  

   
    
     Dari segi penyajian berita, yang saya suka dari situs ini yaitu bahasa penyajian beritanya yang lugas, serta komposisi yang padat dan berimbang. Dalam hal desain web, background warna putih yang mendominasi tampak terlalu polos untuk portal berita yang high class ini. Mungkin bisa diberi sedikit hiasan untuk mempermanis tampilan serta background berwarna yang berbeda tiap kanalnya agar lebih menarik, misalnya : kanal kesehatan dengan background hijau dan logo bergambar buah, kanal olahraga dengan background biru disertai logo bola, dan sebagainya. Satu lagi saran saya, mengapa tidak sebaiknya di Liputan6.com dibuat forum online? Menurut saya, maraknya penggunaan forum saat ini memberikan banyak kebebasan dalam menyampaikan dan menerima informasi. Selain itu, ada banyak manfaat positif dari forum online sebagai media sosialisasi antar member, antaranya kita bisa saling sharing info dan pengetahuan, menyalurkan pendapat dan aspirasi masing-masing, dan lainnya. Dan tentu saja di samping itu kita sebagai pengguna harus pintar-pintar dalam mengolah informasi tersebut agar dapat bermanfaat bagi kita.

     Terlepas dari hal itu semua, pada dasarnya secara keseluruhan yang saya lihat Liputan6.com memang sudah berhasil menjalankan perannya dalam dunia jurnalistik sebagai penyampai berita dan informasi dengan sangat baik. Dan oleh karena itu, situs berita ini merupakan salah satu situs yang wajib dikunjungi untuk para pencari berita yang haus akan informasi berita terkini Liputan6.com. Harapan saya ke depannya untuk Liputan6.com semoga dapat tetap selalu menyajikan berita terkini dan terbaru yang sesuai dengan slogannya agar dapat makin Aktual, Tajam, dan Terpercaya.

1 komentar:

Ucha mengatakan...

Liputan6 Tajam dan terpercaya. Aku suka Citizen6 nya

Posting Komentar